indriyuni

Just another WordPress.com site

ILMU PENGETAHUAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

leave a comment »

Agama Islam adalah ilmu dan cahaya. Setiap kali tercapai kemajuan dibidang ilmu dan dapat menyikapkan apa yang dahulu tidak kita ketahui. Agama Islam mewajibkan manusia untuk menggunakan akal pikirannya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Yunus : 100 yang artinya berbunyi :

“Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah SWT, dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya”.

Tujuan dalam surat tersebut adalah agar manusia dapat berpikir tentang segala sesuatu dan melakukan beragam hal sehingga dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia itu sendiri.

Allah menjanjikan pula bahwa orang-orang yang beriman dan berilmu akan diangkat beberapa derajat lebih tinggi sebagaimana  firman-Nya dalam QS. Al Mujadilah ayat  yang artinya sebagai berikut :

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.

Manusia khususnya umat Islam diwajibkan untuk terus menuntut ilmu dan mencari ilmu berarti mencari jalan ke surga, seperti disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh HR Muslim, yang artinya :

“Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga”.

Hadits lain menyebutkan bahwa ilmu pengetahuan yang bermanfaat merupakan salah satu amalan yang tidak pernah putus :

“Jika manusia telah meninggal maka putuslah amalnya kecuali tiga macam yaitu : sedekh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendo’akan kedua orang tuanya”.

Dengan terus menerus mencari ilmu pengetahuan akan memberikan motivasi untuk terus menggali ilmu pengetahuan karena pengetahuan dan tehnologi adalah kekuatan dalam mencapai atau memenuhi kebutuhan hidup manusia. Firman Allah dalam QS. Ar Rahman : 33, yang artinya :

“Wahai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus/melintas penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan”.

Ayat tersebut menjelaskan bahwa manusia harus terus mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Manusia sebagai khalifah harus melengkapi dirinya dengan ilmu pengetahuan agar dapat mengembangkan dirinya dan memakai kehidupannya di dunia melalui ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Written by indriyuni

March 15, 2011 at 4:27 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: