indriyuni

Just another WordPress.com site

PENINGKATAN PERSENTASE KETUNTASAN BELAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI MODEL TPS KELAS IX F

leave a comment »

Abstrak

Ketuntasan belajar bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX F SMP Negeri masih belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh siswa kurang mampu memahami dan menerapkan rumus dalam menyelesaikan soal matematika bangun ruang sisi lengkung disebabkan oleh  strategi pembelajaran dan model pembelajaran  yang digunakan oleh guru terlalu membosankan. Guru menggunakan model pembelajaran yang selalu sama dalam setiap pembelajaran matematika.

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) apakah melalui TPS dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX F, (2) apakah melalui TPS dapat meningktkan aktivitas siswa. Tujuan yang dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) mengetahui peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan Think Pairs Share (TPS) dan (2)  meningkatkan keaktivan siswa..

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian siswa kelas IX F semester 1 SMP Negeri Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu: (1) variabel ketuntasan belajar siswa dan (2) variabel keaktivan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil tes dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas dalam kemampuan memahami dan menerapkan rumus matematika  meningkat 2,84 dari rata-rata 84,66 pada siklus I menjadi 87,5 pada siklus II. Ketuntasan hasil Belajar siswa pada siklus I tuntas 81,58% sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 18,42%. Pada siklus siklus II siswa yang tuntas adalah 89,47% sedangkan yang tidak tuntas adalah 10,53%. Adanya peningkatan sebesar 7,89 pada proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar matematika bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX F SMP Negeri semester I tahun pelajaran 2010/2011.

 

Kata kunci: TPS, ketuntasan belajar, keaktivan siswa.

Written by indriyuni

March 14, 2011 at 9:00 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: