indriyuni

Just another WordPress.com site

MENDIDIK ANAK MENURUT RASULULLAH SAW

leave a comment »

Petunjuk dan wasiat Rasulullah saw, yang paling penting dalam hal mendidik anak adalah :

1.         Perintah mengawasi mendidik anak dengan kalimat : “la ilaha ilallah’ diriwayatkan oleh hakim dan Ibnu Abbas r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda yang artinya :

“Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw bersabda : “mulailah mendidik bayi-bayi kalian dengan kalimat la ilaha ilallah.”

Tujuannya agar kalimat tauhid dan syiar masuk islam merupakan yang pertama kali di dengar oleh anak, yang perta diucapkan oleh lidahnya dan agar merupakan kata-kata dan lafadz-lafadz yang pertama kali dipahami.

2.        Mengenalkan hukum halal haram sebagai yang pertama dipahami. Dalam hadist yang dikeluarkan oleh Ibnu Jaziz dan Ibnu mundzir dari hadist Ibnu Mas’ud, r.a. Nabi bersabda, yang artinya :

Dari Ibnu Umar bin Ash, r.a., Rasulullah SAW, bersabda : “Taatlah kalian kepada Allah dan takutlah berbuat maksiat kepada-Nya. Perintahlah semua anak kalian untuk mengerjakan yang diperintahkan dan menjauhi yang dilarang karena hal itu merupakan benteng bagi mereka dan bagimu sekalian dari api neraka.”

Tujuannya agar sejak pertumbuhannya anak membuka kedua matanya terhadap perintah-perintah Allah, melaksanakan dan menjauhi laarangan-larangan-Nya, dilatih meninggalkan. Agar sejak ia mulai berpikir dapat memahami hukum-hukum halal haram, sejak kecil terkait kepada ketentuan-ketentuan syariat dan agar tidak mengetahui perundang-undangan dan sistem selain Islam.

3.        Menyuruh beribadah sejak usia 7 tahun, sebagaimana diriwayatkan oleh Hakim dan Abu Daud dari Ibnu Amar bin Ash, r.a., Rasulullah bersabda yang artinya :

Dari Umar bin Syuaib, Rasulullah saw bersabda : “Perintahknlah anak-anak kalian melakukan salat sejak mereka berumur tujuh tahun dan pukullah mereka bila enggan melakukannya saat mereka berusia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.”

Tujuannya agar sejak pertumbuhannya anak belajar tentang hukum-hukum semua ibadah dan terbiasa melaksanakannya sejak dini sehingga ia terdidik untuk taat kepada Allah.

4.       Mendidiknya untuk mencintai Rasulullah saw., mencintai ahli baitnya dan cinta membaca Al Qur’an. Dalam hadist diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dari Ali r.a., Nabi Muhammad bersabda, yang artinya :

Dari Ali r.a., Rasulullah bersabda : “Didiklah anak-anak kalian dengan tiga sifat : mencintai nabi kalian, mencintai keluarganya, mencintai baca Al Qur’an.”

Tujuannya agar anak-anak dapat mengidentifikasi diri mereka dengan sejarah perjalanan generasi terdahulu, dalam hal pergerakan kepahlawanan dari jihad, agar mereka bisa terika oleh sejarah secara emosional, kejayaan dan kebanggaan, dan agar mereka terikat oleh Al Qur’an secara spiritual, sistematik dan bacaan.

Written by indriyuni

March 15, 2011 at 4:17 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: